MENANGKAP MONYET CARA AFRIKA

Menangkap Monyet Cara Afrika

Oleh : Abu Akmal Mubarok

Image

 Orang Afrika punya cara unik untuk menangkap monyet. Caranya dengan memakai botol berleher panjang namun beralas cukup lebar. Lalu botol itu diisi dengan kacang cukup banyak kira2 setengah dasar botol. Beberapa botol dipasang berjajar berdekatan.

Maka monyet akan memasukkan tangannya ke dalam botol. Monyet akan berusaha meraih kacang sebanyak-banyaknya. Karena tangannya menggenggam banyak kacang, ia tak akan bisa keluar dari leher botol. Karena monyet serakah, ia akan memasukkan kedua tangan dan kedua kakinya sekaligus. Maka jadilah kedua tangan dan kakinya terjebak dalam botol. Monyet akan berteriak dan meloncat dengan keempat botol di kaki dan tangannya.

Botol itu didisain tebal dasarnya dan berat. Sehingga monyet kerepotan dan kesulitan berjalan. Ketika pemburu datang menangkapnya, monyet itu tetap tak mau melepaskan genggamannya, bahkan saat botol itu dipecahkanpun ia bersikeras tak mau melepaskan genggamannya dan memilih pasrah di tangan pemburu.

Hikmah dari cerita ini, banyak manusia yang memilih menggenggam erat amarah, dendam, sakit hati dan trauma masa lalunya. Walau setiap detik hatinya merasakan perih dan tersakiti, kerepotan dan terbebani dengan semua itu, namun ia bersikeras tak mau melepaskannya. Walaupun ia tahu itu bukan miliknya, atau ia telah pergi meninggalkannya, namun ia tetap genggam erat dalam hati. Lepaskanlah dan ikhlaskanlah maka hidupmu akan menjadi ringan. Jangan menciptakan beban dan menyulitkan dirimu sendiri.

Wallahua’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s