PERNAH BEGINI PERNAH BEGITU (JILID 1)

Makan Berdiri

EPISODE : BOLEHKAH MINUM SAMBIL BERDIRI?

Oleh : Abu Akmal Mubarok

Image

Pada masa kini kita juga menjumpai sebagian kaum muslimin yang mengecam standing party atau pesta dengan makan dan minum prasmanan tanpa menyediakan kursi sehingga hadirin terpaksa makan dan minum sambil berdiri. Sikap ini dilandasi oleh semangat mengamalkan hadits berikut :

Dari Ali r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri.” (H.R. Muslim)

Rasulullah Saw melarang orang makan atau minum sambil berdiri. (H.R. Muslim)

Namun di sisi lain ternyata Islam juga “tidak begitu-begitu amat” dalam artian masih memiliki toleransi dan memahami situasi dan kondisi dimana kadang kala Rasulullah saw pun melakukan minum sambil berdiri :

Ashim dari-asy-Sya’bi mengatakan bahwa Ibnu Abbas r.a. bercerita kepadanya. Kata Ibnu Abbas r.a., “Saya memberi minum kepada Rasulullah dari air zam-zam lalu beliau minum sambil berdiri.”  (H.R. Bukhari)

Ikrimah menolak riwayat beliau minum sambil berdiri karena ada riwayat dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah s.a.w. sedang  thawaf di atas unta, sehingga minumnya sambil duduk di atas unta

Al-Hafizh berkata, dari jalan Ikrimah dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Nabi melakukan thawaf di atas unta beliau. Kemudian beliau menderumkan unta itu sesudah selesai thawaf, lalu mengerjakan shalat dua rakaat  (H.R. Abu Dawud)

Namun hal ini dibantah oleh ulama lain lagi bahwa logikanya kalaupun Rasulullah s.a.w. turun untuk shalat Maka  kemungkinan besar beliau pada waktu itu berjalan ke sumber mata air zam-zam sebelum kembali ke untanya, karena sumber air zam-zam ada di dekat tempat beliau shalat, dan beliau minum sambil berdiri sebagaimana yang diriwayatkan asy-Syabi dari Ibnu Abbas. Rasanya janggal jika sehabis shalat beliau naik ke atas unta dulu baru minta air zam-zam dan minum sambil duduk di atas untanya.

Namun yang benar adalah bahwa Rasulullah s.a.w. memang pernah minum sambil duduk dan pernah minum sambil berdiri. Sebagaimana kesaksian dari Ali bin Abi Thalib r.a. ketika ditanya oleh seseorang mengapa ia minum sambil berdiri ?

Diriwayatkan dari Maisarah bin Ya’qub Ath-Thahawi ia berkata sya melihat Ali bin Abi Thalib r.a. minum sambil berdiri. Saya bertanya kepadanya : “Engkau minum sambil berdiri?” Aku menjawab : “Jika saya minum sambil berdiri itu karena saya melihat Rasulullah s.a.w. minum sambil berdiri dan jika saya minum sambil duduk itu karena saya melihat Rasulullah s.a.w. minum sambil duduk’ (H.R. Ahmad Juz 2 hal 179 Hadits No. 916) Hadits ini hasan.

Hadits dengan redaksi senada juga datang dari jalur Zadan diriwayatkan Ali bin Abi Thalib minum sambil berdiri lalu orang orang melihat kepadanya seakan-akan tidak sauka. Maka Ali bertanya : “Mengapa kalian melihat saya? “Jika saya minum sambil berdiri itu karena saya melihat Rasulullah s.a.w. minum sambil berdiri dan jika saya minum sambil duduk itu karena saya melihat Rasulullah s.a.w. minum sambil duduk’ (H.R. Ahmad Juz 2 hal 130 Hadits No. 795) Hadits ini hasan.

Demikianlah janganlah kita hanya meninjau dari satu dua hadits saja, karena terkadang Rasulullah s.a.w. melakukan begini di saat lain melakukan begitu dan jangan mengatakan bahwa Islam itu pasti melarang ini dan itu sebelum mengumpulkan dan meninjau semua dalil yang berkaitan dengan suatu hal.

Wallahua’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s