SUBUH DAN KEUTAMAANNYA

Venus-and-the-Crescent-Moon-02

SUBUH DAN KEUTAMAANNYA

Oleh : Abu Akmal Mubarok

Image

Dalam beberapa ayat Allah bersumpah “demi subuh”

Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing” (Q.S. At-Takwir [81] : 18)

Juga dalam ayat lain disebutkan subuh di beberapa tempat.

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh” (Q.S. Al-Falaq [113] : 1)

Mengapa subuh sering diungkapkan dalam berbagai ayat? Apa keutamaan dari subuh ini ?

Dalam sebuah ayat Allah berfirman mengenai keutamaan subuh bahwa shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat :

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (Q.S. Al-Isra’ [17] : 78)

Dalam sebuah hadits shahih juga diungkapkan hal yang sama

Telah menceritakan kepadaku ‘Abdullah bin Muhammad Telah menceritakan kepada kami ‘Abdur Razzaq Telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhri dari Abu Salamah dan Ibnu Al Musayyab dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi s.a.w. bersabda: “malaikat malam dan malaikat siang berkumpul ketika shalat subuh.” Lalu Abu Hurairah r.a. berkata: “jika kalian mau bacalah: “dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Al Isra: 78). (H.R. Bukhari No. 4348)

Dan pada saat subuh ini malaikat bergantian menjaga atau terjadi pertukaran shift antara malaikat malam dan malaikat siang, lalu malaikat malam ini menghadap dan melaporkan langsung kepada Allah hal terakhir apa yang sedang dikerjakan oleh hambanya diwaktu subuh sebelum akhirnya digantikan oleh malaikat siang

Telah menceritakan kepada kami Ismail telah menceritakan kepadaku Malik dari Abu Az Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah s.a.w. bersabda: “Di tengah-tengah kalian ada malaikat yang silih berganti bertugas mengiringi kalian diwaktu malam dan siang, mereka berkumpul ketika shalat ‘ashar dan shalat subuh. Malaikat yang mengawasi amal kalian di malam hari naik ke langit lantas Allah bertanya mereka -dan Allah lebih tahu keadaan kalian- bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Para malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka sedang mereka tengah mendirikan shalat, dan kami datangi mereka sedang mereka mendirikan shalat’.”  (H.R. Bukhari No. 6878)

Demikian pula di waktu Ashar, malaikat siang berganti shift dengan malaikat malam, maka shalat Ashar juga disaksikan langsung oleh malaikat dan malaikat siang akan melaporkan kepada Allah hal terakhir apa yang dilakukan oleh hambaNya .

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf berkata, telah telah menceritakan kepada kami Malik dari Abu Az Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah s.a.w. bersabda: “Para Malaikat malam dan Malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat shalat Fajar (Subuh) dan ‘Ashar. Kemudian Malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka, dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya), ‘Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu? ‘ Para Malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat’.” (H.R. Bukhari No. 522)

Oleh karena itu disunnahkan untuk membaca dizikir pagi dan petang maksudnya adalah membaca dzikir setelah Shalat Ashar dan Shalat Subuh

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh (Q.S. Ar-Ruum [30] : 17)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s