Admin Setetes Hidayah

Blog ini adalah kumpulan tulisan dari Abu Akmal Mubarok yang merupakan admin Grup Setetes Hidayah dan Pondok Curhat di Facebook. Sebagian besar tulisan dalam blog ini adalah hasil diskusi atau jawaban atas pertanyaan yang muncul dalam Form Diskusi Setetes Hidayah dan Pondok Curhat di Facebook.

Dalam sebagian besar tulisannya, Abu Akmal Mubarok menempuh metoda Fiqih Muqaran, yaitu mengumpulkan berbagai nash yang membahas topik yang sedang dibahas, dan berbagai pendapat fuqoha (ahli fiqih) dari berbagai madzhab. Penulis tidak memihak atau cenderung pada salah satu madzhab tertentu, aliran tertentu atau berafiliasi dengan organisasi Islam namun tetap menjaga berada di dalam koridor aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Dalam membahas persoalan, Penulis berusaha mengumpulkan nash Al-Qur’an dan Hadits yang membahas topik tersebut kemudian mencari penjelasannya dalam tafsir dan syarah hadits, kemudian memaparkan berbagai pendapat para sahabat Nabi s.a.w., pendapat tabi’in, pendapat tabiut tabi’in, fuqoha dan mujtahid salafush sholeh. Penulis lebih memprioritaskan pendapat masa lalu karena lebih dekat dengan mata air kenabian yang murni. Pendapat ulama kholaf mutaakhirin (masa kini) tidak terlalu diprioritaskan kecuali hanya sebagai pelengkap saja.

Praktek keagamaan pada zaman Rasulullah s.a.w. dan para sahabat, tabi’in dan tabiut tabi’in serta pada masa-masa kekhalifahan menjadi salah satu cara untuk melihat bagaimana generasi terdahulu yang terdekat dengan mata air kanabian yang masih murni dan bersih, dalam memahami suatu ayat, mencerna suatu hadits, berikut segala perbedaan ijtihad yang mereka lakukan.

Penulis bersikap  pertengahan (wasathon) dan tidak memvonis sesat atau mengkafirkan salah satu pendapat madzhab tertentu, kelompok tertentu, ulama tertentu, melainkan mencoba mencari akar permasalahan timbulnya perbedaan tersebut, untuk kemudian diulas berdasarkan azas dan metoda ushul fiqih yang mu’tabar. Walaupun demikian penulis tidak berupaya memilihkan pembaca kepada salah satu pilihan pendapat tertentu. Semuanya diserahkan kepada pembaca untuk memilih salah satu pendapat yang dirasa lebih mudah dan lebih sesuai dengan dirinya.

Penulis berusaha tidak memasukkan opini pribadinya, atau pendapat dirinya sendiri, dan tidak memiliki maksud untuk menggiring pembaca kepada pendapat tertentu, karena menyadari dirinya adalah bukan siapa-siapa melainkan hanya pencari ilmu dan mengharapkan ridho Ilahi Robbi.

Semoga kami sampaikan dalam blog ini bermanfaat bagi pembaca khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s