PUASA TANPA NIAT SEBELUMNYA

PUASA TANPA NIAT SEBELUMNYA

Oleh : Abu Akmal Mubarok

Image

Ada yang menanyakan bagaimana jika bangun kesiangan dan lupa berniat pada malam hari sebelumnya lalu langsung saja berpuasa apakah puasanya sah? Pertama kita harus tahu dulu apakah ini puasa wajib di bulan ramadhan ataukah puasa sunnah?

Dalam sebuah hadits disebutkan wajibnya niat puasa pada malam sebelumnya dan paling lambat pada waktu sahur atau sebelum fajar / sebelum subuh. Dan apabila hal ini tidak dilakukan maka puasanya tidak sah.

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abu Maryam telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Ayyub dari Abdullah bin Abu Bakar dari Ibnu Syihab dari Salim bin Abdullah dari ayahnya dari Hafshah dari Nabi s.a.w. beliau bersabda: ” Barangsiapa yang belum niat sebelum fajar maka puasanya tidak sah“.  (H.R. Tirmidzi No. 662, Abu Daud No 2908, Nasa’i No. 2291 s.d 2296)

Abu ‘Isa (Tirmidzi) berkata, kami tidak mengetahui hadits Hafshah diriwayatkan secara marfu’ (menyambungkan sampai Rasulullah s.a.w.) kecuali melalui jalur ini. Nashiruddin Al-Albani menyatakan hadits ini shahih.

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Khalid bin Makhlad Al Qathawani dari Ishaq bin Hazim dari Abdullah bin Abu Bakr bin Amru bin Hazm dari Salim dari Ibnu Umar dari Hafshah ia berkata, “Rasulullah s,a,w, bersabda: “Tidak ada puasa bagi yang tidak berniat di waktu malam. ” (H.R. Ibnu Majah No. 1690 dan Daruqutni)

Shafiyyurahman Al-Mubarokfuri mensyarah hadits di atas mengatakan bahwa lafadz “maa lam yubayyit” berasal dari kata “tabyit” yaitu berniat puasa pada malam harinya. Sedangkan lam yafridhu mengikuti bentuk dhoroba bermakna tidak menjadikan fardhu bagi dirinya artinya tidak meniatkannya.

Sedangkan dalam hadits yang lain kita jumpai riwayat di mana Rasulullah s.a.w. pernah menyerukan untuk berpuasa pada hari ‘Asyura’ mendadak pada siang harinya dan bagi yang semula tidak berencana berpuasa bahkan sudah makan pun dibolehkan berpuasa :

Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Ashim dari Yazid bin Abu ‘Ubaid dari Salamah bin Al Akwa’ r.a. bahwa Nabi s.a.w. mengutus seseorang untuk menyeru manusia pada (waktu sahur) hari ‘Asyura’, bila ada seseorang yang sudah makan maka hendaklah ia meneruskan makannya atau hendaklah shaum dan barangsiapa yang belum makan maka hendaklah ia tidak makan (maksudnya teruskan berpuasa) “. (H.R. Bukhari No. 1790)

Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa suatu ketika Rasulullah s.a.w.tidak menjumpai makanan dan akhirnya memutuskan untuk melanjutkan berpuasa karena sejak pagi memang sudah berpuasa :

Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Kamil Fudlail bin Husain telah menceritakan kepada kami Abdul Wahid bin Ziyad telah menceritakan kepada kami Thalhah bin Yahya bin Ubaidullah telah menceritakan kepadaku Aisyah binti Thalhah dari Aisyah radliallahu ‘anha, ia berkata : “Pada suatu hari, Rasulullah s.a.w. bertanya kepadaku: “Wahai Aisyah, apakah kamu mempunyai makanan?” Aisyah menjawab, “Tidak, ya Rasulullah.” Beliau bersabda: “Kalau begitu, aku akan berpuasa.” Kemudian Rasulullah s.a.w. pun keluar. Tak lama kemudian, saya diberi hadiah berupa makanan, Aisyah berkata; Maka ketika Rasulullah s.a.w. kembali saya pun berkata, “Ya Rasulullah, tadi ada orang datang memberi kita makanan dan kusimpan untuk Anda.” Beliau bertanya: “Makanan apa itu?” saya menjawab, “Hais (yakni terbuat dari kurma, minyak samin dan keju).” Beliau bersabda: “Bawalah kemari.” Maka Hais itu pun aku sajikan untuk beliau, lalu beliau makan, kemudian berkata, “Sungguh dari pagi tadi aku puasa.” (H.R. Muslim No. 1950)

Shafiyyurahman Al-Mubarokfuri mensyarah hadits di atas mengatakan bahwa lafadz “Fa’innii idzan shoo’im” atau dalam jalur lain “Fa’innii shoim” (kalau begitu aku berpuasa) menunjukkan bolehnya niat puasa pada siang harinya, dan tidak berpuasa pada malam hari sebelumnya, ini menunjukkan bahwa hadits hafshah (yang mengatakan tidak ada puasa bagi yang tidak berniat malam sebelumnya) adalah khusus bagi puasa wajib di bulan ramadhan saja.

Selanjutnya Shafiyyurahman Al-Mubarokfuri  menjelaskan bahwa perintah “Ariniihi” (perlihatkanlah padaku) diikuti dengan kata “ashbahtu shooiman” atau dalam jalur lain “qod kuntu ashbahtu shooiman” (sesungguhnya sejak pagi aku puasa) hal ini menunjukkan bolehnya membatalkan puasa bagi orang yang puasa sunnah tanpa adanya udzur sakita atau lainnya.

Telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Musa berkata, telah menceritakan kepada kami Syarik dari Thalhah bin Yahya dari Mujahid dari ‘Aisyah r.ah. ia berkata, “Rasulullah s.a.w. masuk ke rumahku dan bertanya: “Apakah kalian memiliki sesuatu?” kami menjawab, “Tidak. ” Beliau lalu bersabda: “Kalau begitu aku berpuasa, ” dan beliau melanjutkan puasanya. Kemudian kami mendapat hadiah sesuatu, hingga beliau akhirnya berbuka. ” ‘Aisyah berkata, “Barangkali beliau berpuasa dan kemudian membatalkan puasanya. ”  (H.R. Ibnu Majah No. 1691)

Menurut para ulama maksud dari hadits hafshah di atas ialah “Barang siapa yang tidak niat sebelum terbitnya fajar di bulan Ramadlan atau ketika mengqodlo’ puasa Ramadlan atau ketika puasa nadzar, maka shaumnya tidak sah. Adapun puasa sunnah, maka boleh berniat sesudah terbitnya fajar.

KESIMPULAN

Dari hadits-hadits di atas dapat diambil kesimpulan bahwa orang yang bangun kesiangan ketika puasa ramadhan, kemudian malam sebelumnya belum berniat berpuasa, maka puasanya tidak sah. Ini adalah pendapat Madzhab Syafi’i, Madzhab Ahmad bin Hambal (Madzhab Hambali) dan Ishaq.

Sedangkan madzhab Hanafi (seorang tabi’in) berpendapat orang yang kelupaan berniat pada malam sebelumnya lalu kesiangan bangun dan langsung berpuasa ramadhan tanpa sahur, puasanya sah dan tidak perlu diqodho. Hal ini berlaku untuk puasa ramadhan dan puasa sunnah. Namun lain halnya dengan puasa yang bersifat hutang, seperti puasa karena membayar nadzar dan puasa kafarat (membayar denda atau hukuman) maka harus berniat pada malam sebelumnya.

Demikian pula Madzhab Maliki membolehkan niat puasa ramadhan dilakukan setelah terbit fajar yaitu jika memang tidak sengaja bangun kesiangan, alasannya karena hal ini adalah ketidak sengajaan.  Madzhab Maliki tidak membedakan itu puasa sunnah atau ramadhan. Bahkan Madzhab Maliki membolehkan berniat puasa disekaliguskan untuk sebulan penuh yaitu cukup berniat puasa di awal bulan ramadhan saja.

Beberapa orang memiliki kebiasaan sahur awal, misakan pada jam 2 atau 3 malam lalu tidur lagi. Seandainya kemudian bangun subuh kesiangan, tentunya ketika sahur tadi sudah berniat puasa. Demi amannya, Beberapa ulama menyarankan begitu berbuka puasa dan setelah sholat maghrib segera berniat untuk puasa keesokan harinya.

Adapun batas berniat puasa itu sampai fajar, sebagaimana hadits sebelumnya :

Nabi s.a.w. bersabda: ” Barangsiapa yang belum niat sebelum fajar maka puasanya tidak sah“.  (H.R. Tirmidzi No. 662, Abu Daud No 2908, Nasa’i No. 2291 s.d 2296)

Sedangkan fajar di sini adalah fajar yang telah menerangi ufuk dan bukan baru sebatas garis cahaya putih sesaat yang disebut fajar kadzib (fajar bohong).

Telah menceritakan kepadaku Abu Rabi’ Az Zahrani telah menceritakan kepada kami Hammad yakni Ibnu Zaid, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Sawadah Al Qusyairi dari bapaknya dari Samurah bin Jundub r.a., ia berkata : “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Janganlah kamu tertipu (untuk tidak makan sahur) oleh adzan yang dikumandangkan oleh Bilal di waktu sahur, dan jangan pula karena cahaya putih ini (fajar kadzib) hingga cahaya itu tersebar (cahayanya di ufuk) seperti ini.” Hammad memberi isyarat dengan kedua tangannya, yaitu membentang. (H.R. Muslim No. 1833)

Mengenai lafal niat puasa boleh diucapkan dengan mulut dan boleh tidak (boleh dalam hati) baik dengan lafal maupun tanpa lafal. Namun untuk amannya dan menjamin agar Anda tidak lupa berniat maka dengan lafal dan diucakan dengan mulut itu lebih baik. Silakan dibaca pembahasan kami mengenai niat. Wallahua’lam.

3 thoughts on “PUASA TANPA NIAT SEBELUMNYA

  1. saya mau tanya. klo kita bayar puasa, terus belum niat malamnya (gk ada pikiran mau bayar puasa) terus bangunnya kesiangan dan baru kepikiran puasa ajalah. itu bayar puasanya sah atau gak???

  2. […] Oleh: Ustadz Abu Akmal Mubarok […]

Leave a comment